Menanti Jual Beli Serangan Jokowi-Prabowo Di Sesi Akhir Debat



MENANTI JUAL BERI SERANGAN JOKOWI-PRABOWO DI SESI AKHIR DEBAT - Calon Presiden nomor urut 01 Joko widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo subianto diprediksi akan sama-sama menyerang dalam debat keempat pilpres 2019, Namun itu terjadi pada sesi-sesi terakhir.

Pakar komunikasi politik Universitas Bunda Mulya, Silvanus Alvin menilai Jokowi dan Prabowo akan sama-sama normatif alias main aman di awal debat. Sama seperti dua pertemuan sebelumnya, jual beli serangan dari dua capres ini akan terjadi di segmen-segmen akhir.

Serangan nyinyir Jokowi dan Prabowo bisa masuk, tapi akan ada di akhir. Karena tipe komunikasi politik kita adalah komunikasi high context, perlu pemanasan terlebih dulu dari masing-masing kandidat." Hal tersebut juga dipertontonkan pada debat-debat sebelumnya. Misalnya saat Jokowi menyentil caleg eks koruptor Gerindra di debat pertama. Juga serangan Jokowi terkait kepemilikan ratusan ribu hektare lahan oleh Prabowo. kata Alvin

Atau juga saat Prabowo menyinggung soal menteri Jokowi yang tak kompak pada debat pertama. Begitu pula saat Prabowo menyebut pembangunan infrastruktur oleh Jokowi grasa-grusu.
Semua dilakukan Jokowi dan Prabowo di segmen-segmen akhir debat.

Alvin menyebut strategi menyerang di meneit-menit akhir dipasang dua kandidat untuk mengklaim kemenangan di mata penonton. Untuk mengonfirmasi ke pendukung kalau kandidat yang mereka dukung dalam posisi menang. Politik di Indonesia bukan lagi logika, tapi emosi," ucapnya.

Alvin memprediksi Jokowi akan kembali menerapkan pola permainan menyerang. Begitu pula Prabowo dengan orasi-orasi membakar massanya. Jokowi diprediksi akan memainkan serangan dalam isu hubungan internasional. Dia akan mengaitkan Prabowo dan elite BPN yang punya kedekatan dengan Presiden AS Donald Trump.

Karena bisa dilihat sejak Trump terpilih sebagai presiden Negara Adidaya, bisa dikatakan chaos. Jokowi akan mengaitkan, menyindir, 'Apa mau seperti itu? Memilih calon yang dekat dengan Trump?'," tutur Alvin.

Sementara Prabowo akan memanfaatkan kasus Romahurmuziy atau Romi yang diciduk KPK dalam kasus dugaan suap sebagai amunisi. Prabowo juga akan melancarkan serangan di bidang ideologi dengan menyindir revolusi mental ala Jokowi.

Baru-baru saja ada blow, big blow untuk kubu TKN 01 di mana Romi kena OTT. Ini bahaya, Prabowo akan mempertanyakan, 'Mana ideologi revolusi mental?'. Revolusi mental akan jadi sasaran tembak," ujarnya.

Debat capres keempat digelar pada Sabtu (30-3-2019) di Hotel Shangri La, Jakarta. Debat ini mengangkat tema ideologi, pertahanan dan keamanan, Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan serta Hubungan Internasional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hamili Anak Di Bawah Umur Wawan Bawa Kabur Ke Sukabumi

Seorang pria diperkosa bergantian oleh 3 perempuan

PT Siemens Batu Ampar Batam Segera Tutup